Profil IndoAnime

Master-IA-Logo11

Deskripsi ini lebih berupa cerita sejarah terbentuknya IndoAnime dan sekaligus menjadi milstone/tonggak IndoAnime dari tahun ke tahun.

Berawal dari sebuah komunitas kecil… (kecil sekali.. hanya berempat) penggemar anime di suatu sudut warnet di kota Bandung yang gemar saling barter Anime, Mangascans (Manga yang discan), J-Dorama dan J-Music. Kemudian membentuk suatu situs yang mendistrokan anime dll yang belum dilisensi di Indonesia.

Setelah masing masing sibuk dengan kesibukannya, akhirnya distro sempat berhenti selama setahun sampai akhirnya ada ide untuk meneruskan proyek impian membuat situs anime. Tidak hanya anime tapi unsur hiburan lainnya seperti J-Music.

Visi dan Misi IndoAnime

1. Sebagai tempat berinteraksi dan berkumpulnya sesama penggemar anime pada khususnya, dan penggemar seni & budaya Jepang pada umumnya.
2. Tidak ada batasan baik Individu maupun komunitas lain untuk ikut berpartisipasi di IndoAnime
3. Saling berbagi koleksi secara gratis hanya dengan satu syarat dan ketentuan, Fansub itu gratis dan sangat tidak pantas untuk diperjual-belikan di Indonesia. IndoAnime memiliki prinsip yang sangat tertanam, bahwa “Jual-Beli Fansub itu haram hukumnya”.
4. Suatu hari kelak membangun Fansub sendiri (yang kini telah diwujudkan pada IA-Hikari Fansub tahun 2011).

Milestone IndoAnime

Asal Muasal IndoAnime

2004

Dengan modal sendiri yang masa itu masih modal seorang mahasiswa anak kos, dan dengan ilmu desain web yang pas-pasan, IndoAnime.net pertama kali online tanggal 26 Maret 2004 berawal dari forumnya dahulu. 2 minggu kemudian Situs utama IndoAnime mulai online.

Tujuan IndoAnime untuk menyediakan informasi terbaru seperti berita, dan review serta membentuk komunitas penggemar hiburan Jepang, khususnya Anime dan J-Music.

2005

IndoAnime pun tidak langsung ramai pada tahun pertamanya, hanya sedikit sekali yang bergabung, tapi tidak menciutkan semangat.. Maklum, jaman itu belum paham yang namanya online marketing, masih dari mulut ke mulut informasinya. Disaat komunitas di Bandung mulai terbentuk, menjelang memasuki tahun ke-dua, IndoAnime mulai ramai dikunjungi dan mulai banyak yang bergabung di forum.

Pada tahun ini pula mulailah terbentuk kepengurusan / staff, bila di dunia forum dikenal sebagai sebutan moderator, di IA, kami memilih sebagai sebutan Sensei, dan setingkat dibawah admin adalah Super Sensei

IndoAnime mengadakan gathering resmi pertama kalinya di Bandung, dengan partisipan Bandung-Jakarta, salah satunya adalah mas ibdan, yang kemudian menjadi founder dari id-anime

2006

Awal tahun 2006, founder, ifan direkrut menjadi web designer di sebuah perusahaan IT di Jakarta. IndoAnime pun di endorse / disponsori dengan hosting di server kantor.

2007

Dengan semakin membesarnya member dan aktifitas di forum, maka diperlukan upgrade pada engine forum yang selama ini digunakan yaitu Invision Power Board. Berhubung kita ingin berusaha terus eksis tanpa ada halangan kedepannya, maka kita putuskan untuk membeli lisensi forum IPB, tidak ada lagi kata bajakan.

Untuk bisa mendapatkan dana sebesar $ 149,99 , IndoAnime menggalang dana secara swadaya, member-member yang secara sukarela ikut menyisihkan uangnya demi tercapai tujuan ini, yang selanjutnya dibentuk grup forum Donatur.

IndoAnime akhirnya upgrade forum dengan lisensi seumur hidup pada ulang tahunnya yang ke-3. Sistem CMS untuk situs utama yang digunakan IA adalah Joomla, semenjak IA berdiri dari menggunakan Mambo, CMS ini pun diintegrasikan dengan forum IPB.

2008

Semenjak awal, IndoAnime saling sharing koleksi dengan berkumpul pada event-event tertentu membawa koleksi. IndoAnime pun akhirnya makin kreatif dalam berbagi koleksi, tanpa ada batasan harus berkumpul dalam satu kota, kali ini tekad IA untuk bisa saling berbagi dengan sesama anggota di seluruh Indonesia.

IndoAnime mulai menggalang dana lagi untuk bisa membeli Hard Disk Eksternal. HDD ini akan digunakan untuk dikirimkan ke kota-kota anggota IA untuk bisa saling berbagi koleksi. Saat ini kota yang aktif adalah: Jakarta, Bekasi, Bandung, Purwokerto dan Yogyakarta. Selanjutnya, program ini dikenal dengan nama IA HDD VAULT

Pada tahun 2008 ini pula, IndoAnime masuk koran, wartawan koran Seputar Indonesia menghubungi IA untuk meliput pada segmen Komunitas. Sebuah prestasi yang sangat bisa dibanggakan bukan ?

2011

IndoAnime upgrade lagi untuk kesekian kalinya, kali ini tidak perlu penggalangan dana lagi. CMS Joomla disingkirkan, dan membeli IP Content dari developer yang sama dengan IP.Board.

IndoAnime menggandeng fansub Hikari, sebuah grup fansub kecil yang memang berasal dari member-member IndoAnime juga, dan selanjutnya disebut dengan fansub IndoAnime-Hikari subs.

[collapse]

More time, more freedom, more fun!